Mengapa Website Diperlukan?

Sabtu, 28 Agustus 2010

Internet dan World Wide Web sampai saat ini masih memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Hampir seluruh aspek kehidupan kita saat ini terkait dengan dua hal tersebut. Hal ini mendorong masyarakat (awam sekalipun) dalam usaha untuk ikut serta dalam pengembangan era Internet ini.
Secara umum, ada tiga kategori alasan yang mendasari untuk ikut menyusun halaman web, antara lain :

  • Sarana promosi produk ataupun jasa di Internet
  • Penyedia informasi
  • Melakukan transaksi online
Melalui jaringan Internet, sarana komunikasi konvensional (antara produsen dan konsumen) telah diganti dengan email yang dapat secara instan diterima dan dibalas. Kecepatan pengiriman dan penerimaan email dibandingkan dengan surat biasa telah mempercepat proses komunikasi yang pernah dilakukan umat manusia.
Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan sehingga penyusunan halaman web lebih efektif, antara lain :
  1. Hal terpenting adalah tujuan penyusunan halaman web yang didefinisikan secara jelas. Biasanya hal ini akan lebih mudah bila dilakukan pada secarik kertas dan menulis semua alasan yang mendasari penyusunan halaman web.
  2. Selanjutnya, kita harus memiliki satu hal yang menarik (content) untuk disampaikan ataupun didiskusikan. Semakin menarik dan unik content tersebut semakin baik.
  3. Hal terakhir, buatlah sedemikian rupa sehingga para pengunjung dirayu dan ditantang untuk kembali lagi ke halaman web kita. Kebanyakan orang akan enggan untuk kembali ke halaman web yang membosankan dan tidak menarik.

Bila halaman web yang akan disusun adalah halaman web yang berorientasi pada bisnis, maka berikut ini beberapa tujuan yang harus dicapai sebuah halaman web, yaitu :
  1. Meningkatkan order penjualan dari pelanggan yang sudah ada.
  2. Menciptakan order penjualan baru dari pelanggan-pelanggan baru.
  3. Menekan keseluruhan biaya pengeluaran.
Mencapai ketiga tujuan tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi bila halaman web yang dibuat mampu mencapai ketiganya maka keuntungan perusahaan akan meningkat tajam.

Biasanya sebuah halaman web disusun (pada awalnya) sebagai sarana promosi, karena media promosi di web lebih murah dan efektif dibandingkan dengan media promosi konvensional dengan brosur, majalah atau koran. Walaupun demikian, kebijakan ini seringkali menempatkan web sebagai media promosi pelengkap media promosi yang lain. Berikut ini beberapa tips untuk halaman web jenis ini, yaitu :
  • Cara Penggunaan halaman web harus disusun semudah mungkin bahkan untuk melakukan transaksi bisnis sekalipun.
  • Memiliki kemampuan untuk mengajak kembali para pengunjung yang sudah pernah mengunjunginya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Rinaya Course